PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
“ MINI PUZZLE”
Alat & Bahan:
Alat : – Gunting – Penggaris
- Cutter – spidol
Bahan : – Steroform – Lem
-Banner/ gambar pencernaan makanan
– Pines
Cara Membuat
1.Tempelkan gambar/banner sistem pencernaan makanan pada manusia dengan lem pada steroform.
2. Potong bagian steroform dengan cutter yang sudah ditempeli dengan gambar pencernaan makanan menjadi 8 bagian atau lebihm (sesuai pola dan keinginan) dan jika dihubungakan akan membentuk gambar yang utuh kembali (seperti puzzle yang dapat dibongkar pasang)
3. Tancapkan pines pada bagian tepi potongan sehingga gambar melekat semakin kuat.
4. Beri tanda/nomor pada bagian-bagian organ tertentu yang nanti akan digunakan untuk kegiatan simulasi (tanya –jawab).
Cara Menggunakan
1. Penggunaan media belajar ini sama seperti memakai/bermain puzzle yaitu siswa berusaha memasangkan gambar sehingga membentuk suatu gambar utuh.
2. Langkah bermain dari puzzle ini agar menarik dapat dilakukan dengan cara:
- Membuat kelompok yang terdiri dari 6 orang siswa
- Beri nomor urut pada siswa mulai dari nomor 1 s/d nomor 6
- Lempar dadu untuk membuat giliran memasang puzzle
Contoh: Jika dadu dilempar keluar angka 2 maka siswa anggota kelompok nomor 2 yang berhak memasang puzzle, begitu seterusnya sampai puzzle terpasang dengan rapi. Supaya pemasangan puzlle ini siswa merasa tertantang maka waktu perlu dibatasi. Bagi kelompok yang selesai tepat waktu dinyatakan menang dan bagi kelompok yang masih salah perlu di betulkan, karena akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MODEL PEMBELAJARAN
“ SIMULASI DENGAN BENDERA KEMENANGAN”
Media
- Puzzle, dadu, bendera kecil warna-warni, amplop pertanyaan, amplop jawaban
Cara Bermain:
a. Kegiatan Memasang Puzzle
1.Penggunaan media belajar ini sama seperti memakai/bermain puzzle yaitu siswa berusaha memasangkan gambar sehingga membentuk suatu gambar utuh.
2. Langkah bermain dari puzzle ini agar menarik dapat dilakukan dengan cara:
- Membuat kelompok yang terdiri dari 6 orang siswa
- Beri nomor urut pada siswa mulai dari nomor 1 s/d nomor 6
- Lempar dadu untuk membuat giliran memasang puzzle
Contoh: Jika dadu dilempar keluar angka 2 maka siswa anggota kelompok nomor 2 yang berhak memasang puzzle, begitu seterusnya sampai puzzle terpasang dengan rapi. Supaya pemasangan puzlle ini siswa merasa tertantang maka waktu perlu dibatasi. Bagi kelompok yang selesai tepat waktu dinyatakan menang dan bagi kelompok yang masih salah perlu di betulkan, karena akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
b. Kegiatan Menjelajah Puzzle dengan Bendera Kemenangan
1. Perhatikan gambar puzzle yang telah terpasang dengan rapi dibagian-bagian puzlle terdapat nomor-nomor pada bagaian-bagain organnnya.
2. Siapkan media yang lain yaitu: bendera warna-warni, amplop pertanyaan dan amplop jawaban.
3. Untuk pertanyaan dan kunci jawaban dimasukkan dalam amplop tertutup dan diamplop ditulis nomor sesuai dengan banyaknya pertanyaan. Contoh jika ada 12 pertanyaan maka ada 12 amplop pertanyaan dan amplop jawaban juga sebanyak 12
Contoh : Cara bermain dimulai dengan mengambil amplop pertanyaan nomor 1 dan salah satu anggota kelompok membacakan pertanyaan yang terdapat di dalam amplop nomor 1 dan untuk menjawab semua anggota kelompok dapat berebut dengan cara mengangkat tangan. Setelah siswa menjawab dan jawaban benar maka siswa tersebut berhak meletakkan bendera yang dimiliki pada nomor yang telah dijawab dengan benar. Jika jawaban masih salah maka dilempar ke anggota kelompok lain. Jika jawaban masih salah maka kesempatan untuk membuka kunci jawaban dan membacakan jawaban di depan semua anggota kelompok, akan tetapi semua anggota kelompok tidak berhak untuk meletakkan bendera pada puzzle dari kegiatan inilah tersirat dan tersurat adanya “Pendidikan karakter” dalam kegiatan pembelajaran yaitu siswa dilatih untuk memiliki karakter jujur, sosial dan bertanggung jawab.
4. Ulangi kegiatan seperti langkah ketiga di atas sampai amplop pertanyaan habis.
5 Bagi siswa yang benderanya banyak terpasang pada puzzle maka siswa tersebut berhak mendapatkan “reward” karena siswa tersebut berarti mampu menjawab pertanyaan dalam jumlah banyak (sejumlah bendera yang ditancapkan pada puzzle) dan bagi kelompok yang amplop pertanyaan masih utuh juga berhak mendapat “reward” karena hal ini berarti kelompok tersebut mampu menjawab semua jawaban dan sebaliknya siswa yang benderanya tidak terpasang maka perlu untuk mendapatkan tugas tambahan , demikian juga untuk kelompok yang amplop jawabannya habis.
@@@@ SELAMAT MENCOBA @@@@
Spensata prestasi tiada henti